Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Untuk Menguasai Bahasa Inggris Dengan Cepat



Bahasa Inggris adalah bahasa universal yang seharusnya dapat dikuasai semua orang. Bahasa tersebut akan sangat membantu dalam berkomunikasi saat kamu pergi ke negara mana pun. Akan tetapi, masih ada orang yang hingga kini kesulitan untuk belajar bahasa Inggris. Untuk membantu kalian yang ingin belajar, pada artikel kali ini kami akan menyajikan daftar 15 tips untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Yuk, langsung saja simak artikelnya!


15. Ketahuilah level bahasa Inggrismu

Gambar terkait

Penting untuk mengetahui sejauh mana bahasa Inggris yang telah kamu kuasai secara mendasar. Hal ini membantumu untuk belajar secara efektif. Ketika sudah mengenali apa yang menjadi kekuranganmu, kamu bisa langsung fokus untuk membuatnya menjadi lebih baik lagi.

Agar kamu bisa mengetahui kemampuanmu sendiri, ambillah beberapa tes bahasa Inggris. Kalau kamu masih seorang pelajar, mungkin kamu cukup mempertimbangkannya dari hasil tes pelajaran bahasa Inggrismu. Akan tetapi kalau kamu sudah lulus sekolah, kamu bisa mencoba tes melalui internet. Ada sangat banyak kuis tentang bahasa Inggris yang bisa membantumu.


14. Fokus pada komunikasi terlebih dahulu

Gambar terkait

Di dalam bahasa Inggris terdapat sangat banyak kosakata. Masing-masing pun memiliki ejaan serta pelafalannya sendiri. Jika kamu tidak bisa melafalkan bahasa Inggris dengan baik, kamu akan membuat lawan bicara menjadi kebingungan. Karena pada dasarnya bahasa itu digunakan untuk berkomunikasi secara langsung. Mau tidak mau kita harus tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

Maka dari itu sangatlah penting untuk mempelajari teknik speaking di awal. Mintalah orang-orang terdekatmu atau teman-temanmu yang sudah fasih berbahasa Inggris untuk menjadi rekan berlatih.

13. Jangan terlalu mengandalkan google translete

Hasil gambar untuk people with glasses study

Di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, kita tidak perlu lagi mencari-cari kata di kamus untuk menerjemahkan. Cukup buka internet lalu gunakan google translete saja kamu sudah bisa mendapatkan terjemahan dengan mudah. Tetapi kalau kamu memang berniat menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, janganlah terlalu bergantung pada google translete. Terkadang hasil terjemahan dari google translete itu tidak akurat. Mengakibatkan kosa katanya jadi terdengar aneh karena tidak memperhitungkan hal-hal seperti idiom, auxiliaries dan preposition.

Di sisi lain, kalau kamu coba membaca teks bahasa Inggris dan menerjemahkannya ke bahasamu sendiri, mungkin hasilnya tidak akan seburuk jika menggunakan google translete. Ini mungkin akan memakan lebih banyak waktu dan membingungkan, tetapi setidaknya tidak akan membingungkan orang-orang yang kamu ajak bicara.


12. Semakin banyak berlatih, semakin cepat kamu belajar

Gambar terkait

Penulis Malcolm Gladwell pernah mengatakan bahwa untuk menjadi ahli dalam sesuatu, kita perlu melatihnya selama 10.000 jam. Sebenarnya ungkapan itu tidak mentah-mentah memiliki makna harfiah, karena maksud ungkapan tersebut adalah kita harus rajin berlatih bila ingin menguasai suatu bidang. Pernyataan ini memang benar adanya. Kita bisa karena terbiasa, oleh karena itu kita harus memiliki tekad serta niat yang kuat untuk belajar.


11. Pahami kemudian praktikkan

Gambar terkait

Dalam suatu kelas bahasa Inggris biasanya kita banyak mendengarkan seseorang bicara atau banyak membaca teks sebelum belajar untuk berbicara dan menulis. Karena pada dasarnya, untuk dapat melakukan sesuatu dengan benar kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara melakukannya. Pastikan kamu benar-benar paham dulu dengan teorinya. Jangan ambil resiko untuk tetap nekat berpraktik saat kamu belum sepenuhnya paham. Hal itu hanya akan membuang-buang waktu dan membingungkan dirimu sendiri.

10. Jangan lupa struktur

Hasil gambar untuk people with glasses study

 Jangan lupa bahwa ada cara yang "benar" untuk berbicara bahasa Inggris. Di awal proses pembelajaran, cara terbaik untuk belajar di awal adalah percaya diri. Kamu hanya harus fokus berbicara dan tidak terlalu khawatir tentnag kesalahan. Tetapi saat kamu mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi, hal-hal mendetail seperti tata bahasa, ejaan, dan pilihan kata menjadi sesuatu yang benar-benar penting.

Ibaratkanlah bahasa itu bangunan, sementara tata bahasa itu strukturnya. Kalau suatu bangunan tidak memiliki struktur yang baik, pada akhirnya bangunan tersebut akan runtuh. Maka jangan lupa untuk mempelajari tata bahasa juga selama belajar bahasa Inggris.

9. Milikilah catatan khusus untuk belajar bahasa Inggris

Hasil gambar untuk people with book

Persiapkanlah buku catatan untuk menulis setiap materi bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari. Kalau kamu baru mempelajari beberapa vocabulary baru, tulis di buku itu dan jangan lupa berikan artinya. Dengan memiliki catatan khusus seperti ini kamu akan dapat mudah mempelajarinya secara berulang-ulang. Kemampuanmu dalam writing juga secara tidak langsung akan semakin terasah karena terbiasa menulis banyak kata-kata berbahasa Inggris.

8. Buat belajarmu menjadi menyenangkan

Gambar terkait

Kamu pasti akan bosan jika terus-terusan membaca teks panjang. Agar semangatmu tidak padam, ada baiknya kalau kamu mengubah metode belajarmu. Buatlah waktu belajarmu menjadi menyenangkan. Sekali-sekali jangan gunakan buku teks untuk belajar. Kamu bisa memainkan game, karena rata-rata game itu menggunakan bahasa Inggris dalam setiap step-stepnya. Atau kamu juga bisa belajar dengan cara menonton film barat tanpa menggunakan subtitle. Ini akan membantumu untuk belajar pengucapan sekaligus belajar listening.


7. Bersikap konsisten dan bertanggung jawab

Gambar terkait

Faktanya, kita hanya bisa menyelesaikan apa yang menjadi tujuan kita jika kita melakukannya secara konsisten dan bisa bertanggung jawab. Buatlah jadwal belajar agar kamu semakin disiplin. Tidak apa kalau kamu hanya bisa meluangkan waktu setengah jam sehari untuk belajar bahasa Inggris. Kalau waktu setengah jam itu digunakan dengan maksimal dan sebaik-baiknya, pasti akan sebanding dengan hasil yang akan kamu terima nantinya.

6. Perhatikan pengucapan

Gambar terkait

Pengucapan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan jika kita ingin berkomunikasi dengan baik. Sebaiknya pada tahap belajar speaking, kamu benar-benar mengetahui bagaimana mengucapkan setiap kata dengan benar. Kalau masih ada yang salah dan belum terdengar pas, latihlah sampai pengucapanmu sudah terdengar pas.

Hal ini untuk kebaikanmu juga. Kamu tentunya tidak mau kan mengalami miskomunikasi hanya karena pengucapanmu kurang tepat.Untuk melatihnya, kamu bisa menggunakan bantuan google translete atau aplikasi lain yang pastinya akan sangat membantumu dalam memperbaiki pengucapan.

5. Bersabarlah

Gambar terkait

Pembelajaran itu butuh dilakukan dengan kesabaran. Mungkin ada kalanya kamu mulai bosan dan lelah untuk belajar karena tidak kunjung menguasai bahasa Inggris, padahal telah menghabiskan waktu cukup lama untuk membaca banyak buku berbahasa Inggris atau menonton film tanpa subtitle. Ingatlah bahwa pembelajaran itu bukanlah sesuatu yang instan.

Namanya juga belajar, kita pasti ingin membuat hal-hal yang sebelumnya tidak kita bisa menjadi bisa. Milikilah tekad yang kuat dan tetap bertekun belajar. Ambil istirahat sejenak kalau kelelahan, jangan sampai rasa stress menjadikanmu tertekan dan malas belajar.


4. Temukan motivasimu

Hasil gambar untuk people smile

Saat belajar, pasti selalu ada fase dimana kita mencapai titik yang benar-benar melelahkan. Padahal dalam mempelajari sesuatu akan terasa lebih mudah dan lebih menyenangkan jika kamu memiliki alasan untuk melakukannya. Ingat-ingat kembali kenapa awalnya kamu ingin belajar bahasa Inggris. Apakah karena kamu mempunyai rencana untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di luar negeri? Apakah kamu berencana akan pergi travelling dalam waktu dekat?

Pastikan untuk tetap mengingat-ingat hal tersebut, karena itu akan membantumu untuk melalui masa-masa belajar yang terasa sulit dan membuatmu semakin terpacu untuk belajar dengan rajin.

3. Berpikirlah realistis

Gambar terkait

Jangan memaksakan diri untuk melakukan hal yang tidak sanggup kamu lakukan. Kamu harus realistis. Jangan sampai nekat membuat waktu belajar bahasa Inggrismu menjadi 10 jam sehari. Kamu malah akan kelelahan dan sulit fokus. Lebih baik lakukan secara perlahan tapi pasti. 15-30 menit sekali belajar namun dilakukan setiap hari malah akan lebih efektif daripada berusaha memforsir diri sendiri.

Jangan sampai semua hal yang sudah kamu rencanakan pada akhirnya malah hanya menjadi wacana. Pastikan hal-hal yang kamu rencanakan tidak akan merepotkan dirimu sendiri nantinya.

2. Berlatih, berlatih, dan berlatih

Hasil gambar untuk people studying

Berlatih memang menjadi hal yang tidak ada habisnya bila kita ingin mempelajari sesuatu dengan serius. Tidak ada cara yang instan untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Karena pada akhirnya, itu semua akan tergantung kepada dirimu sendiri.

Kalau kamu sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti les bahasa Inggris, jangan pernah membolos dan malas-malasan. Ulangi kembali semua pelajaran yang dirasa belum kamu pahami. Kalau kesulitan belajar sendiri, bertanyalah pada orang-orang yang bisa dan minta mereka untuk mengajarimu.

1. Manfaatkanlah teknologi

Hasil gambar untuk people watch laptop

Di era yang sudah maju seperti sekarang, teknologi dapat menjadi sahabat terbaik yang membantumu belajar dan menemukan informasi. Kalau kamu merasa hanya belajar dari buku masih belum cukup, carilah materi dan tutorial pembelajaran lebih banyak lagi di internet.

 Ketika membuka wikipedia, gunakanlah versi bahasa Inggrisnya. Kamu juga bisa memanfaatkan youtube untuk belajar listening. Dari mendengarkan lagu atau mendengarkan materi listening saja kamu sudah dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu untuk menjadi lebih baik lagi.

Scroll To Top