Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Cepat Mendapatkan Teman di Kampus



Ketika kita memasuki jenjang perkuliahan, lingkungan kita tentunya akan terasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan saat kita masih bersekolah. Salah satu hal terpenting yang membuatmu bisa tetap bertahan dan betah di kampus adalah dengan berteman serta bergaul bersama orang lain. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan menyajikan daftar 15 tips cepat mendapatkan teman di kampus. Yuk langsung simak saja artikelnya!

15. Bicaralah dengan teman sekelasmu

Gambar terkait

Kita dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain hanya jika ada komunikasi. Cobalah berbicara dengan orang-orang yang berada dalam kelas yang sama denganmu. Jangan takut untuk menyapa mereka dengan ramah atau sekedar bertanya-tanya. Basa basi sedikit tidak ada salahnya, toh dengan melakukannya siapa tahu hubungan kalian akan semakin dekat.

 Terutama jika kamu melihat ada seseorang yang mempunyai minat atau ketertarikan yang sama denganmu, obrolan yang kalian lakukan pastinya lebih lancar dan tidak canggung.


14. Bersikaplah baik dan hormati setiap orang

Gambar terkait

Tidak ada seorang pun yang senang berteman dengan seseorang yang hobi merendahkan atau bersikap kasar. Jagalah sikapmu kepada setiap orang yang kamu temui di kampus. Ciptakan kesan sebaik mungkin. Jangan terbiasa menggunjingkan orang lain dan berbicara kata-kata kasar. Kamu tentunya ingin mendapatkan penilaian diri yang baik dari teman-temanmu di kampus, maka jangan melakukan semua hal itu jika kamu tidak ingin dijauhi oleh mereka.


13. Jangan khawatir kalau kamu tidak langsung cocok dengan orang lain

Gambar terkait

Langsung cocok serta akrab dengan sesorang yang baru pertama kali kita temui adalah hal yang langka terjadi dalam hidup. Jangan berkecil hati kalau meski kamu sudah mencoba berkenalan dengan beberapa orang namun masih belum menemukan teman dekat. Tetaplah gigih dan percaya diri. Ada banyak sekali orang di kampus yang bisa menjadi temanmu. Suatu hari nanti kamu pasti akan bertemu dan menjadi cocok dengan orang yang tepat.


12. Keluarlah dari kamar kosanmu

Gambar terkait

Kalau kamu memutuskan untuk tinggal di kos setelah mulai kuliah, otomatis kamu harus bisa berbaur serta menyesuaikan diri dengan orang lain yang juga tinggal di kos tersebut. Jangan menjadi seorang penyendiri dan seseorang yang memiliki sikap egois. Semakin sering kamu keluar dari kamar, semakin banyak kamu memilki kesempatan untuk bertemu orang baru. Apalagi itu kesempatan yang bagus kalau ada teman satu kampus yang tinggal di kos yang sama.

Daripada makan sendirian di kamar, pergilah ke ruang makan atau ruang mana saja yang memungkinkan kamu bertemu dengan seseorang yang dapat diajak mengobrol. Ikutlah membantu jika salah satu teman kosmu ada yang mengalami kesulitan. Atau jika sekali-sekali teman kosmu mengajakmu bermain, terimalah ajakannya. Kamu bisa menolak dengan halus kalau sedang tidak punya waktu untuk bermain.

11. Bicaralah

Gambar terkait

Meskipun kamu telah menemukan orang untuk diajak bergaul, kamu pastinya tetap ingin membentuk identitas Anda sendiri di antara kelompok. Jangan mencoba mendominasi semua percakapan, karena hal itu dapat membuat setiap orang merasa tidak nyaman. Dengarkanlah dan hargai bila orang itu berbicara. Kalian juga bisa mencoba saling bertukar pendapat agar obrolan yang dilakukan tidak hanya berjalan searah.

10. Bukalah pandangan hidupmu

Hasil gambar untuk people thinking

Sebelum kuliah, mungkin kamu adalah seseorang yang sangat suka bertahan di zona aman. Tidak pernah melakukan hal yang aneh-aneh, tidak pernah pulang larut malam, atau bahkan jarang berdandan. Padahal saat kamu masuk ke perguruan tinggi, kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang yang memiliki sifat beragam.

Meskipun nantinya kamu bertemu dengan seseorang yang prinsip hidupnya sangat berbeda dengan prinsip hidupmu, tetaplah bersikap normal dan hargai perbedaan itu. Lebih bagus lagi jika kalian bisa berteman dan saling belajar bagaimana harus memperbaiki diri sendiri.

9. Sadari kalau kamu sekarang sudah bukan murid SMA lagi

Gambar terkait

Mungkin kamu merasakan beberapa penyesalan semasa sekolah karena gagal dalam suatu pelajaran atau tidak pernah punya teman, dan semua penyesalan itu terbawa-bawa sampai kamu memasuki kuliah. Buang jauh-jauh semua rasa itu. Masa-masa kuliah adalah saat yang tepat untuk memulai lembaran hidup yang baru dari awal.

Jangan mengulangi kesalahan yang sering kamu lakukan di sekolah dulu, karena sekarang kamu bukan anak kecil lagi. Tidak ada yang ingin mempunyai teman seseorang yang kekanak-kanakan dan tidak tahu bagaimana caranya menempatkan diri.

8. Bedakan antara rasa percaya diri dan kesombongan


Hasil gambar untuk student talking

Jika kamu ingin mendapatkan teman, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa kamu mampu memancarkan aura yang positif. Ingatkan dirimu tentang kelebihan-kelebihan yang kamu miliki, dan terima kekurangan-kekurangan yang juga kamu miliki. Hal ini akan membantumu merasa percaya diri. Setiap orang sangat suka berteman dengan seseorang yang mempunyai kepercayaan diri.

Namun beberapa orang terkadang salah mengartikan kepercayaan diri sebagai kesombongan. Kamu harus tahu batas-batas percaya diri. Bangga terhadap diri sendiri boleh, tetapi jangan terus-terusan melakukannya dengan membual tentang pencapaian-pencapaian yang sudah kamu raih di depan orang lain hanya agar dipuji.

7. Jangan takut keluar dari lingkup pertemananmu semasa sekolah

Gambar terkait

Saat memasuki masa perkuliahan, terkadang kita bertemu dengan teman-teman yang berasal dari sekolah yang sama dengan kita. Hal itu membuat kita merasa betah dan tidak perlu bergaul dengan orang lain. Jangan batasi dirimu sendiri untuk berteman dengan lebih banyak orang. Jangan takut menerima penolakan atau respon negatif. Yang terpenting adalah kamu harus keluar dari zona amanmu kalau ingin berteman dengan banyak orang baru.

6. Tanyakan kepada orang lain tentang diri mereka sendiri

Hasil gambar untuk student talking

Jangan biarkan pembicaraan yang terjadi di antara kalian terjadi secara satu arah. Jangan hanya menunggu orang tersebut menanyaimu sesuatu. Jadilah lebih aktif dengan bertanya kepada orang tersebut tentang diri mereka sendiri. Sebab hal itu dapat menunjukkan ketertarikan dan minat kita untuk dekat kepada orang tersebut. Siapa tahu nanti kalian akan menemukan kesamaan dalam diri masing-masing dan menjadi dekat karenanya.

5. Berpenampilanlah dengan rapi

Gambar terkait

Kamu tidak perlu merias diri selama dua jam atau menggunakan pakaian yang terlihat gaya serta mewah untuk menarik perhatian orang lain agar mendekatimu. Berpenampilanlah secara wajar, namun tetap rapi dan enak dilihat. Kalau kamu tidak pernah merawat diri sendiri dan pergi ke kampus dengan tampang berantakan, tentunya orang-orang akan malas atau ragu untuk dekat denganmu.

4. Terlibat

Hasil gambar untuk student talking

Ikut terlibat dalam suatu kegiatan dapat membuatmu cepat akrab dengan orang lain. Kalau kamu punya kebiasaan malas gerak, hilangkan kebiasaan itu. Semakin banyak kamu terlibat dengan berbagai macam kegiatan, semakin sering keberadaanmu dikenali. Orang lain bisa tertarik untuk dekat denganmu karenanya. Kegiatan-kegiatan yang harus kamu ikuti tidak harus selalu berupa mengikuti pesta atau pergi berjalan-jalan di mall.

 Kamu bisa berpartisipasi aktif selama kegiatan diskusi di kelas, atau mengikuti beberapa organisasi yang tersedia di kampus. Di organisasi tersebut, sambil mencari teman kamu juga bisa mengembangkan minatmu.


3. Jangan terlalu posesif

Hasil gambar untuk student talking

Ada beberapa orang yang jika sudah memiliki satu atau dua orang teman dekat akan menjadi sangat posesif. Mereka tidak akan membiarkan teman-temannya dekat dengan orang lain selain dirinya. Jangan sekali-sekali melakukannya, atau kamu akan membuat orang-orang itu merasa tidak nyaman kemudian menjauhimu perlahan-lahan.

Kamu hanya temannya, bukan pacarnya. Berilah kesempatan temanmu bergaul dengan teman-temannya sendiri. Kamu juga bisa melebarkan sayap pertemananmu sehingga tidak hanya terfokus untuk berteman dengan satu atau dua orang saja.

2. Jadilah dirimu sendiri

Hasil gambar untuk student

Meskipun kamu memiliki beberapa kekurangan, tetaplah menjadi dirimu sendiri. Jangan berusaha mengikuti orang lain demi berusaha terlihat keren atau eksis. Kalau kamu terlalu memaksakan diri, jatuhnya malah kamu terlihat tidak natural dan kurang percaya diri. Biarkanlah orang-orang yang mengkritikmu karena kamu berpakaian terlalu sederhana atau tidak pernah jalan-jalan ke mall.

Mereka bukanlah seseorang yang pantas untuk dijadikan teman karena menuntutmu untuk berubah. Pasti masih ada orang yang mau menerima dirimu apa adanya, oleh karena itu jangan pernah merasa putus asa dan tetaplah percaya diri.


1. Tersenyumlah

Hasil gambar untuk student

Kesan pertama saat berkenalan dengan orang lain adalah yang terpenting. Tentunya kita semua ingin berteman dengan seseorang yang memancarkan aura positif. Agar terlihat positif dan mudah didekati, tersenyumlah dengan ramah. Senyum adalah perias alami yang paling ampuh untuk membuat penampilan kita menjadi lebih menarik. Orang-orang tidak akan ragu untuk dekat dan berteman dengan kita.

Scroll To Top