Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Untuk Melakukan Diet Dengan Cepat


Beberapa orang sering tidak percaya diri karena merasa bentuk tubuhnya bukanlah bentuk tubuh yang ideal. Karena itu mereka pun mulai melakukan diet. Tetapi untuk saat ini, masih ada banyak orang yang kesulitan diet karena berbagai macam faktor. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan menyajikan daftar 15 tips untuk melakukan diet dengan cepat. Yuk langsung saja simak artikelnya!

15. Kurangi makanan manis

Gambar terkait

Tidak ada yang bisa menolak makan makanan manis, apalagi kalau kita punya kebiasaan ngemil. Nah, kalau kamu ingin cepat menurunkan berat badan sebaiknya kamu menyikapi hal ini dengan cerdas. Daripada makan sepotong kue manis atau ngemil biskuit coklat, cobalah kamu menggantinya dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Memang terasa sulit pada awalnya, tetapi jika kamu sudah sering melakukannya pasti kamu akan terbiasa. Lagipula mengkonsumsi buah-buahan lebih terasa segar dan menyehatkan. Agar lebih maksimal, kamu juga bisa mengganti cokelat panas atau kopi susu yang biasanya kamu minum dengan jus buah-buahan.

14. Jangan terlena di akhir pekan

Hasil gambar untuk diet

Akhir pekan biasanya adalah waktu bagi kita untuk memanjakan diri sendiri atau bersenang-senang dengan orang terdekat. Tidak jarang pula bila di saat akhir pekan kita sering diundang untuk makan-makan atau pergi ke pesta ulang tahun. Tapi kamu harus ingat untuk tidak kalap dan akhirnya malah makan terlalu banyak. Ingatkan dirimu sendiri bahwa kamu sedang berusaha mengurangi berat badan. Jangan sampai waktu diet yang sudah kamu lakukan susah payah menjadi sia-sia pada akhirnya.

13. Jangan makan sambil bekerja

Hasil gambar untuk eat while work

Terkadang karena kita tidak punya waktu yang cukup untuk beristirahat, kita tetap makan siang sambil bekerja di depan komputer. Padahal hal tersebut dapat berisiko untuk menggagalkan dietmu. Jika kita bekerja, otomatis fokus kita hanya terhadap pekerjaan tersebut. Kita tidak akan sadar tangan kita terus menyuapkan makanan ke mulut karena terlalu berkonsentrasi.

Pada akhirnya, yang awalnya kamu hanya mau makan beberapa buah biskuit malah jadi menghabiskan satu bungkus biskuit. Nah untuk menghindari hal ini, jangan biasakan memakan sesuatu sambil bekerja. Luangkanlah waktu barang sejenak untuk menjauh dari pekerjaan dan makan dengan tenang.


12. Makan camilan yang menyehatkan

Gambar terkait

Biasanya di sore hari perut kita sering bergemuruh minta diisi sesuatu. Terkadang kita tidak dapat menahannya, karena jika tidak dituruti kita akan susah untuk fokus melakukan aktivitas. Akhirnya nanti kamu malah mondar-mandir di depan supermarket dengan perasaan dilema antara ingin membeli cemilan atau tidak. Kamu lapar, tapi terlalu takut dengan kalori. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mempersiapkan camilan yang kamu bawa sendiri dari rumah. Mungkin kamu bisa menyiapkan salad buah dan sayuran di kotak bekal atau membawa beberapa kacang almond.

11. Jadilah tegas terhadap diri sendiri


Hasil gambar untuk eat while work

Kita seringkali menjumpai godaan saat sedang berusaha melakukan diet. Mungkin kamu diajak makan-makan oleh teman-temanmu di sebuah kafe. Kemudian kamu tidak dapat menahan diri lalu memesan es krim raksasa. Setelah selesai menikmatinya, kamu akan merasakan perasaan bersalah yang sangat besar.

Tenang, kamu tidak perlu memiliki perasaan seperti itu. Sebaliknya, kamu harus tegas terhadap diri sendiri. Terjebak dalam perasaan bersalah berlarut-larut tidak akan membuatmu menjadi kurus. Balas perbuatan itu dengan meningkatkan porsi berolahraga.

10. Jangan melewatkan waktu makan

Hasil gambar untuk diet

Karbohidrat tetaplah sesuatu yang diperlukan meski kamu sedang menjalani diet. Kamu harus pastikan memiliki energi yang cukup, apalagi jika kamu punya serangkaian rencana untuk berolahraga sepanjang hari. Makanlah makanan yang akan membantu kamu tetap kuat.

Untuk sarapan, pilihlah makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti atau nasi. Tetapi ingat ya untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Tidak perlu makan sampai kamu merasa benar-benar kenyang juga, karena yang terpenting adalah perutmu terisi oleh sesuatu.

9. Temukan fast food yang sehat

Hasil gambar untuk diet

Bagi orang yang sibuk dan terbiasa bekerja lembur, melewatkan makan malam adalah hal yang sudah biasa. Saat sampai di rumah, terkadang malam sudah cukup larut dan kita juga tidak lagi memiliki tenaga yang cukup untuk memasak. Satu-satunya pilihan adalah memesan makanan di restoran cepat saji.

Kamu nggak perlu takut dan memaksakan diri untuk nggak makan malam. Saat ini sudah ada banyak menu sehat yang tersedia di restoran cepat saji. Mungkin kamu bisa memilih salad atau makanan vegetarian yang tidak mengandung kalori setinggi makanan cepat saji pada umumnya.


8. Temukan sarana yang mendukung program dietmu

Gambar terkait

Untuk dapat menjalani program diet yang sudah direncanakan, kita pasti memerlukan sarana yang diperlukan untuk mendukung program tersebut. Kalau kamu berencana mengisi sebagian besar waktu dietmu dengan berolahraga, belilah sport bra serta sepatu lari yang nyaman dipakai. Pastikan ukurannya benar-benar pas dengan ukuran tubuhmu. Jangan pilih yang terlalu ketat, karena itu akan membuatmu terasa sesak ketika harus berlari.

7. Tetap makan karbohidrat

Hasil gambar untuk red rice

Ketika mencoba menurunkan berat badan, mungkin kita tergoda untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Jangan lakukan hal ini kalau kamu tidak ingin pingsan saat sedang melakukan aktifitas. Pada dasarnya, karbohidrat membantu agar tubuh kita tetap berenergi. Jadi walaupun kamu sedang diet, kamu harus pastikan tetap mempunyai energi yang cukup untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Apabila masih merasa ragu, kamu bisa mencoba mengakali mengkonsumsi makanan berkarbohidrat yang membuatmu merasa kenyang lebih lama. Seperti contohnya nasi merah dan kentang. Walaupun memakannya dalam porsi sedikit, kita akan tetap merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

6. Minum air putih

Hasil gambar untuk drink water

Jangan sampai kamu dehidrasi ketika sedang menjalankan program diet. Ingat bahwa tubuh kita selalu mengeluarkan keringat saat berolahraga. Kita harus tetap minum air mineral untuk mengganti cairan-cairan tubuh yang hilang itu. Tenang saja, minum air mineral tidak akan membuat berat badan kita bertambah. Maka dari itu tetap perhatikan minuman seperti apa yang kamu minum selama diet. Hindari minuman berperisa manis. Kalau kamu bosan dengan air putih, kamu bisa menggantinya dengan minuman berenergi.


5. Timbanglah berat badan secara rutin

Hasil gambar untuk measure weight

Untuk sebagian orang yang melaksanakan diet, menimbang berat badan adalah sesuatu yang menakutkan. Tetapi kalau kamu takut terus, kamu tidak akan bisa memonitor seberapa jauh kamu telah mengalami kemajuan. Lakukanlah dengan rutin setiap satu atau dua minggu sekali. Jangan putus asa jika ternyata belum ada perubahan yang besar. Justru kamu bisa menjadikan ini untuk memacu semangatmu.

4. Temukan teman yang bisa diajak berolahraga

Gambar terkait

Terkadang kita merasa malas untuk sekedar bangkit dari tempat tidur lalu pergi jogging di sekitar komplek rumah. Karena itu, kehadiran seseorang yang bisa menjadi teman kita saat berolahraga sangatlah membantu kita untuk tetap termotivasi. Sebaiknya kamu pilih teman yang memiliki kemauan kuat, jangan malah pilih seseorang yang mager juga sepertimu. Sehingga jika suatu saat kamu merasa malas, orang itu bisa membujukmu dan membantumu untuk bangkit.


3. Berolahraga di pagi hari

Gambar terkait

Mungkin beranjak dari tempat tidur di pagi hari untuk berolahraga adalah hal yang sulit dilakukan oleh beberapa orang. Tetapi nyatanya, berolahraga di pagi hari sangatlah baik untuk kesehatanmu. Udara masih terasa segar dan sinar matahari juga masih hangat-hangatnya. Semua usaha bangun tidur yang kamu lakukan pasti akan terbayar.

Olahraga yang kamu lakukan juga tidak perlu berat-berat. Kamu bisa berlari di atas treadmill atau sekedar jogging ringan di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Karena berolahraga dan mengeluarkan keringat dalam waktu 45 menit saja mampu membakar sekitar 190 kalori dalam tubuh.

2. Buat olahragamu menjadi menyenangkan

Hasil gambar untuk how to run while listening to music

Kamu bisa membuat waktu olahragamu menjadi menyenangkan agar merasa lebih bersemangat saat melakukannya. Pakailah earphone untuk mendengarkan musik yang penuh semangat selama melakukan jogging. Sambil berolahraga, kamu juga bisa sambil mengikuti irama lagunya. Tetapi ingat ya untuk menjaga diri sendiri saat berolahraga menggunakan earphone. Jangan sampai kamu menabrak tiang listrik atau membahayakan diri sendiri karena tidak waspada dengan keadaan di sekitarmu.

1. Jangan lupa sarapan

Hasil gambar untuk cereal

Jangan melewatkan waktu sarapan hanya karena kamu terlalu terobsesi menurunkan berat badan. Sarapan adalah tahapan makan yang paling penting dalam satu hari karena akan menentukan apakah kamu memiliki  energi yang cukup untuk beraktivitas. Sarapanlah dengan sesuatu yang tidak terlalu berat dan tidak mengandung banyak kalori. Roti dengan olesan selai atau semangkuk sereal bersama susu dapat menjadi pilihan yang tepat.

Scroll To Top