Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Untuk Hidup Dengan Bahagia


Dalam hidup, kita selalu dihadapkan dengan cobaan atau tantangan. Namun karena terlalu banyak menghadapinya, terkadang kita merasa lelah dan tidak bahagia menjalani hidup. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan menyajikan daftar 15 tips untuk hidup dengan bahagia. Yuk langsung saja simak artikelnya!

15. Ambil tindakan

Gambar terkait

Terkadang kita hidup dibayangi oleh angan-angan keinginan melakukan sesuatu. Mungkin itu dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi atau untuk membuat beban stress dalam hidup kita sendiri berkurang. Kamu harus berani mengambil tindakan untuk menyikapi hal ini. Lawanlah rasa malasmu untuk keluar dari zona aman. Bayangkan betapa bebasnya kamu di kemudian hari nanti jika telah berhasil menyikapi masalah yang kamu miliki.

14. Tingkatkan rasa percaya dirimu

Gambar terkait

Dalam kehidupan, terutama di dunia kerja kita seringkali diharapkan untuk mampu tampil dengan percaya diri. Kita tidak akan mendapatkan penilaian yang bagus jika setiap kali harus melakukan presentasi di depan banyak orang malah berbicara dengan suara kecil. Dan akhirnya hal ini membuat dirimu stress ketika sampai di rumah karena menganggap diri sendiri telah gagal.

Tenang, kamu tidak gagal. Belajarlah untuk meningkatkan kemampuan percaya dirimu dengan berlatih berbicara di depan cermin atau meminta saran kepada seseorang yang telah berpengalaman. Tidak akan ada sesuatu yang mustahil jika kita mau dan yakin bahwa diri kita mampu melakukannya.


13. Beranilah berkomitmen

Hasil gambar untuk people punch hand pose

Tidak peduli apa tujuan yang sudah kamu tetapkan untuk diri sendiri dalam hidup, kamu harus berkomitmen. Komitmen ini dibutuhkan agar tujuan hidup yang sudah kamu tetapkan sebelumnya tidak melenceng dari tujuan semula. Dengan berani berkomitmen, kamu juga menjadi tegas terhadap dirimu sendiri dan mampu untuk terus meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi.

12. Jangan bergantung pada uang

Hasil gambar untuk money no

Uang memang salah satu hal terpenting untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang diperlukan untuk hidup. Sehingga tanpa sadar orang-orang bekerja memforsir diri agar dapat menghasilkan uang lebih banyak lagi. Tetapi apakah uang bisa membeli kebahagiaan? Sebagian besar orang mungkin menjawab ya, namun cobalah kamu pikirkan.

Memang jika kita memiliki banyak uang, kita bisa membeli apa saja untuk membuat kita merasa bahagia. Tetapi apa yang kita rasakan nantinya pasti akan sangat berbeda. Kita bahagia, namun fisik kita lelah. Karena itu, uang terbukti bukan satu-satunya sumber kita dapat merasakan kebahagiaan.


11. Jangan melakukan multitasking

Gambar terkait

Beberapa orang ada yang memiliki kebiasaan melakukan multitasking karena sempitnya waktu untuk melakukan pekerjaan yang menumpuk. Padahal melakukan berbagai macam pekerjaan sekaligus dapat membuat produktivitas kita menurun karena kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi. Akibatnya kita akan merasakan stress yang berlebihan.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, sebaiknya jangan membiasakan diri untuk menumpuk pekerjaan. Menyelesaikan pekerjaan atau mencicil pekerjaan seawal mungkin dapat mengurangi resiko kamu merasa stress.

10. Jangan menyimpan dendam kepada siapa pun

Gambar terkait

Orang-orang yang tersinggung akan perkataan atau perbuatan orang lain biasanya di kemudian hari akan menyimpan dendam kepada orang tersebut. Perasaan-perasaan benci terus muncul, kemudian timbul rencana untuk membalas dendam. Hal ini justru membuat hidup kita semakin berbelit-belit dan terasa melelahkan.

Kita cukup memaafkan orang tersebut dan mengatakan yang sejujurnya, agar orang-orang yang seperti itu tidak kembali mengulangi perbuatannya. Lebih baik kamu bicarakan langsung seperti ini daripada menumpuk kebencian yang membuatmu sulit untuk dapat merasa bahagia.

9. Jadikanlah kegagalan sebagai pembelajaran

Gambar terkait

Dalam hidup, sangat wajar jika kita sering mengalami kegagalan. Manusia itu tidak ada yang sempurna. Sehebat, sepintar, dan sekaya apapun seseorang pasti ia tetap memiliki kekurangan yang menyebabkannya mengalami kegagalan. Gagal mendapatkan juara pertama saat mengikuti kompetisi atau mendapatkan nilai jelek di sekolah merupakan hal yang biasa.

Malahan, kegagalah adalah sesuatu yang membuat kita semakin kuat. Selama kamu memiliki niat untuk belajar dan memperbaiki diri, pasti kamu akan merasa bangga pada dirimu sendiri di kemudian hari ketika berhasil melakukannya sesuai target.


8. Jangan takut menerima penolakan

Gambar terkait

Pada suatu titik kita semua pasti pernah menghadapi penolakan. Mungkin penolakan itu terjadi saat kamu wawancara kerja, atau kamu ditolak untuk bergabung ke dalam suatu lingkup pertemanan karena mempunyai kekurangan. Daripada memasukkan penolakan tersebut dalam hati, gunakanlah itu sebagai pengalaman belajar.

Jangan menyerah dan buat sampai kamu tidak lagi ditolak. Sebab mampu menerima dan mampu belajar dari penolakan adalah salah satu cara untuk membimbingmu menuju kesuksesan. Dan bila hidupmu sukses, otomatis kamu akan dapat menjalani hidup dengan bahagia.

7. Milikilah rencana cadangan

Gambar terkait

Kita tidak pernah tahu kapan hal-hal terburuk akan terjadi. Maka jika kita berani mengambil resiko dalam hidup, kita harus memiliki rencana cadangan juga agar nantinya tidak terlalu kecewa. Buatlah rencana cadangan sebanyak mungkin, karena itu akan membuatmu memiliki banyak alternatif untuk dipilih.


6. Seimbangkanlah antara bekerja dan beristirahat

Hasil gambar untuk people drinking tea

Ketika pekerjaan mulai mengganggu kehidupan, hal itu dapat mengakibatkan diri kita menjadi kelelahan sehingga produktifitas kita juga menjadi menurun. Jangan terlalu terpaku kepada pekerjaan. Jangan biasakan untuk memforsir diri sendiri. Bila kamu sudah merasa berada di titik yang benar-benar jenuh, sebaiknya kamu beralih dari meja kerjamu dan beristirahat. Istirahat tidak selalu berupa tidur.

 Kamu bisa menggunakan waktu beristirahat dengan berjalan-jalan sejenak ke supermarket untuk membeli makanan atau minuman kesukaanmu. Setelah melakukannya, kamu akan kembali merasa segar dan mampu bekerja lagi dengan produktif.

5. Ingatlah bahwa orang-orang peduli terhadapmu, bukan kesuksesanmu

Hasil gambar untuk people hug each other

 Orang-orang tidak peduli dengan pakaian mahal yang kamu pakai, seberapa besar rumah yang kamu miliki atau mobil apa yang kamu kendarai. Itu bukan berarti mereka tidak menghormati pencapaianmu. Sebaliknya, mereka mempedulikanmu sebagai seorang individu yang apa adanya dan mereka akan terus mendukungmu karena mereka sangat mencintaimu.

4. Jangan mengingat-ingat masa lalu


Gambar terkait

Belajar dari masa lalu agar tidak kembali mengulangi kesalahan yang sama di waktu mendatang memang bagus. Namun terlalu mengingat-ingat masa lalu dapat membuat kamu merasa sedih ataupun stress. Kamu tidak dapat mengubah masa lalu dan tidak memiliki kendali untuk masa depan, karena itu hiduplah di saat ini dan nikmati hal-hal apa saja yang sedang kamu hadapi sekarang ini.

3. Rawat dirimu sendiri, lalu bantulah orang lain yang membutuhkan

Gambar terkait

Mencintai dan merawat diri sendiri adalah suatu keharusan, karena yang paling mengerti tentang kita hanyalah diri kita sendiri. Jika sudah mampu menolong dan mencintai dirimu sendiri, barulah kamu dapat membantu orang lain. Kebahagiaan kita pasti akan meningkat jika kita bisa membantu orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan seseorang.

2. Cobalah bepergian

Hasil gambar untuk people in library

Kita semua pasti memiliki rutinitas dalam hidup. Namun terkadang dalam menjalani setiap rutinitas itu kita dapat merasa bosan atau jenuh. Untuk mengatasinya, cobalah untuk bepergian ke suatu tempat. Bila kamu tidak mempunyai cukup banyak uang untuk dikeluarkan, tidak perlu bepergian ke sebuah tempat yang mahal. Kamu bisa berjalan-jalan di kota atau pergi ke perpustakaan terdekat untuk membaca atau menyewa buku favoritmu di sana.


1. Bersyukurlah setiap hari

Hasil gambar untuk people smile

Bersyukur adalah suatu hal yang paling mendasar dalam hidup agar kita dapat merasakan kebahagiaan. Kita sering merasa apa yang dimiliki oleh orang lain itu lebih baik dari kita sehingga kita lupa untuk bersyukur. Padahal memang rumput di wilayah tetangga selalu tampak lebih hijau dibandingkan rumput di wilayah kita sendiri.

Manusia memang pribadi yang memang tidak pernah puas dan terbiasa menginginkan sesuatu. Jika kita tahu caranya bersyukur, pasti kita tidak akan iri lagi dengan kehidupan orang lain dan mampu menjalani hidup ini dengan perasaan yang lebih bahagia.

Scroll To Top