Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Untuk Mengatasi Stress



Stress bukan merupakan hal yang jarang lagi untuk dirasakan oleh manusia. Apakah saat ini kamu sedang stress? Tenang, untuk membantu kalian yang sedang stress, pada artikel kali ini kami menyajikan daftar 15 tips untuk mengatasi stress. Yuk langsung saja cek artikelnya!

15. Kenali apa yang membuatmu stress

Hasil gambar untuk people think

 Ini adalah langkah yang paling penting, karena mengidentifikasi hal-hal yang membuatmu stres dalam hidup adalah langkah pertama untuk melenyapkannya. Ambil 10 menit untuk memikirkan apa yang membuatmu stres di siang hari. Kejadian mingguan apa yang membuatmu stres? Siapakah orang, atau kegiatan apakah yang sekiranya dapat menyebabkan stres dalam hidupmu?

Buat daftar 10 hal yang paling sering membuatmu stress, dan pikirkanlah cara untuk menyingkirkan semua itu. Mulailah dari hal yang paling ringan dulu agar lebih mudah dikerjakan.

14. Hindari hal-hal yang menguras energimu

Gambar terkait

Jika kamu telah menganalisis pada langkah ke 15 dan berhasil menemukan hal-hal yang membuat stres, kamu mungkin juga harus memperhatikan apa saja yang bisa menguras energimu. Hal-hal tertentu dalam hidup kita hanya menyebabkan kita menjadi lebih lelah. Identifikasi mereka, dan hentikan mereka. Kamu akan memiliki lebih banyak energi dan lebih sedikit stres, sehingga pada akhirnya kamu bisa hidup dengan bahagia.

13. Hargai waktu

Gambar terkait

Terlambat selalu berhasil membuat kita stres. Jika kita terlambat mengumpulkan pekerjaan atau terlambat datang ke suatu acara, pada akhirnya yang kita rasakan hanyalah lelah atau stress. Kalau kamu punya kebiasaan terlambat, sebaiknya mulai latih dirimu untuk melakukan segala sesuatu secara efektif. Jangan terbiasa menunda-nunda untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kalau hendak menghadiri suatu acara tepat waktu, sebaiknya perkirakan juga berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk bersiap-siap sehingga mungkin kamu bisa bangun lebih awal untuk mempersiapkan diri atau tidak menghabiskan waktu untuk berdandan terlalu lama.

12. Beristirahatlah dari bekerja

Hasil gambar untuk people drink

Bekerja dapat menjadi penyebab timbulnya rasa stress yang paling umum. Okelah kalau kamu berniat untuk menjadi seseorang yang produktif dengan tidak membuang-buang waktu. Tetapi kamu harus tahu juga sampai batas mana kamu sanggup melakukannya. Dalam bekerja, biasanya kita membutuhkan fokus yang tinggi. Padahal terus-terusan fokus dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kamu merasa stress.

 Kalau sudah seperti ini menjauhlah dari pekerjaanmu sejenak. Buat secangkir teh hangat yang dapat membantu merelaksasikan tubuhmu, atau pergilah berjalan-jalan ke taman sebentar untuk menghirup udara segar. .

11. Olahraga

Hasil gambar untuk people exercising

 Berolahraga membantu mengurangi penumpukan stres karena memberimu waktu tenang untuk merenung dan bersantai. Olahraga juga dapat itu membuat kamu lebih bugar. Orang yang tubuhnya bugar biasanya lebih mampu terhindar dari stres dibandingkan orang yang tidak bugar. Untuk kamu yang selama ini malas berolahraga, coba mulai sekarang motivasi dirimu sendiri agar mau menggerakan badan.

Kamu tidak perlu takut kelelahan sehabis berolahraga. Sekitar 20-30 menit berolahraga saja sudah bisa membantu mengurangi stress yang kamu rasakan dalam tubuh.


10. Berhentilah mencoba mengendalikan segala hal

Hasil gambar untuk people stress

Terkadang kita sudah menyusun suatu rencana dengan matang, tetapi selalu saja ada gangguan untuk membuat rencana yang sudah kita susun menjadi kacau. Di saat kacau seperti itu, terkadang kita sulit untuk mengendalikan situasi. Janganlah memaksakan dirimu untuk mengendalikan apa yang tidak bisa kamu kendalikan. Bukannya membuat semuanya menjadi lebih baik, hal itu justru malah meningkatkan kadar stress serta kecemasan kita.

Belajarlah untuk melepaskan, terima cara orang lain melakukan sesuatu, dan terima hal-hal yang tidak terjadi sesuai keinginan. Sebab belajar melepaskan kebutuhan kita untuk mengendalikan orang lain dan situasi di sekitar kita adalah salah satu langkah besar untuk menghilangkan stres.


9. Milikilah agenda harian yang fleksibel

Hasil gambar untuk people stress

Tidak jarang jika orang-orang memiliki aktifitas harian yang padat. Namun dengan memiliki terlalu banyak kesibukan setiap harinya tentunya dapat memacu kita untuk merasakan stress. Cobalah untuk tidak terlalu ketat dengan agenda harianmu. Jangan takut membatalkan janji untuk pergi shopping dengan teman-temanmu.

Saat seseorang meminta jadwal rapat, pertama-tama cobalah menyelesaikannya melalui email atau telepon jangan langsung terima ajakannya untuk rapat di suatu tempat. Kamu pasti ingin memiliki waktu bersantai untuk dirimu sendiri, dan kamu berhak untuk mendapatkannya!

8. Sederhanakan to-do list mu

Hasil gambar untuk people stress

Kita semua pasti mempunyai daftar tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Jangan menyusahkan dirimu dan membuat dirimu merasakan stress hanya karena kamu menulis daftarnya terlalu panjang. Singkirkan hal-hal yang tidak terlalu mendesak untuk dikerjakan dalam waktu mendatang. Kemudian kamu bisa berfokus untuk menyelesaikan hal-hal yang lebih prioritas.

Dengan cara ini, pastinya kamu tidak akan merasa stres lagi karena mempunyai hal yang menumpuk untuk dikerjakan.

7. Biasakan untuk mengatur segala hal dengan rapi

Hasil gambar untuk people organizing

Kekacauan dan keadaan rumah yang berantakan dapat menjadi salah satu pemicu terbesar bagi kita untuk stress. Bagaimana kalau kamu sangat kelelahan sehabis pulang dari kantor, tetapi begitu tiba di rumah kamu malah menemukan rumahmu dalam keadaan berantakan? Pasti kamu akan sangat terganggu untuk bisa beristirahat dengan nyaman. Karena itu, cobalah luangkan waktu untuk merapikan segala hal yang berantakan.

Gunakan waktumu di akhir pekan untuk mengganti seprai tempat tidur dan mengepel seluruh rumah. Jika barang-barang di sekitarmu rapi dan lingkungan sekitarmu bersih, kamu pasti juga akan selalu memiliki suasana hati yang baik dan tidak merasakan stress.

6. Hilangkan komitmen yang tidak penting

Gambar terkait

 Kita semua pasti memiliki banyak komitmen dalam hidup kita. Mulai dari komitmen dengan pekerjaan, anak-anak, pasangan, dan lain-lain. Untuk menghindarkan diri dari stress, coba hilangkan komitmen yang tidak penting dalam hidupmu. Misalnya saja, kamu sudah berkomitmen cukup banyak untuk bisa menyelesaikan pekerjaan kantor dengan tepat waktu.

 Jika sudah begitu, kamu tidak perlu merepotkan dirimu sendiri untuk berkomitmen belajar memasak dalam waktu satu minggu. Karena waktunya kurang tepat, kamu bisa menyimpannya di masa mendatang. Fokuslah terlebih dahulu untuk menyelesaikan apa saja yang menjadi prioritasmu.

5. Hindari orang-orang yang sulit

Hasil gambar untuk people angry at each other

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, karena itu otomatis mereka biasanya memiliki banyak relasi dengan orang lain. Tentunya kita tahu siapa saja orang yang mampu membuat kita merasa bahagia, sekaligus siapa saja orang yang mampu membuat kita merasakan emosi negatif. Berhadapan dengan seseorang yang hanya memancarkan aura negatif sama sekali tidak memberikanmu manfaat.

Hindarilah untuk bertemu atau berdebat dengan orang-orang yang seperti itu jika kamu tidak ingin merasakan stress lebih banyak.

4. Bantu orang lain

Hasil gambar untuk help people

 Mungkin terdengar tidak masuk akal apabila menambahkan lebih banyak pekerjaan dengan mencoba membantu orang lain. Tapi itu adalah suatu perbuatan yang baik. Membantu orang lain, apakah menjadi sukarelawan untuk organisasi amal atau hanya berusaha untuk berbelas kasih terhadap orang yang kamu temui, tidak hanya membuatmu merasakan perasaan yang lebih baik, hal itu juga menurunkan tingkat stres dalam tubuh karena kita ikut merasa bahagia kalau berhasil membantu orang lain. Pastikan kamu melakukannya dengan ikhlas. Jangan setengah hati atau mengharapkan imbalan.

3. Jangan Multitasking 

Gambar terkait

Mencoba menyelesaikan beberapa tugas sekaligus dalam satu waktu mungkin akan membuat kita tampak produktif, tetapi pada kenyataannya hal itu malah akan menghambat kita untuk merasa fokus. Jika kita berkali-kali gagal menyelesaikan tugas karena tidak fokus, bisa jadi itu akan membuat diri kita sendiri menjadi stress.

Karena itu janganlah memaksakan diri. Walaupun kamu memiliki banyak pekerjaan yang menumpuk, cobalah untuk menyelesaikannya satu persatu. Sebab seiring waktu berjalan, kamu juga akan belajar untuk menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat lagi.

2. Bersyukur 

Gambar terkait

Bersyukur adalah suatu hal yang paling mendasar dalam hidup agar kita dapat merasakan kebahagiaan. Kita sering merasa apa yang dimiliki oleh orang lain itu lebih baik dari kita sehingga kita lupa untuk bersyukur. Padahal memang rumput di wilayah tetangga selalu tampak lebih hijau dibandingkan rumput di wilayah kita sendiri.

Manusia memang pribadi yang memang tidak pernah puas dan terbiasa menginginkan sesuatu. Jika kita tahu caranya bersyukur, pasti kita tidak akan iri lagi dengan kehidupan orang lain dan mampu menjalani hidup ini dengan perasaan yang lebih bahagia.

1. Makanlah makanan yang sehat

Gambar terkait

Terkadang suasana hati dapat dipengaruhi oleh makanan apa saja yang kita konsumsi. Kalau kamu tidak ingin merasa stress, jangan makan makanan yang terlalu berminyak atau pedas. Gantilah menu makananmu menjadi lebih sehat. Mungkin kamu bisa menambahkan sayur pada menu makan siangmu atau mengganti lauk gorengan dengan ikan kukus.

Untuk camilan, kamu juga bisa mengganti snack yang biasa kamu makan dengan buah-buahan yang segar dan kaya akan vitamin.

Scroll To Top