Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Belajar Untuk Ujian


Semua orang pasti pernah dihadapkan tantangan untuk mengikuti ujian, terutama bagi para siswa yang masih duduk di bangku sekolah. Terkadang kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk belajar, namun masih belum mendapatkan hasil nilai yang memuaskan. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan menyajikan daftar 15 tips belajar untuk ujian. Yuk langsung saja simak artikelnya!

15. Jangan belajar dengan metode multitasking

Gambar terkait

Untuk dapat memahami suatu materi dengan baik, kita harus benar-benar fokus untuk mempelajari dan menghafalkannya. Karena itu, multitasking bukanlah suatu metode yang tepat untuk dipakai belajar karena mempelajari beberapa mata pelajaran sekaligus dapat membuat kita kehilangan fokus.

Kalau kamu memiliki banyak mata pelajaran untuk diujikan, cobalah untuk mencicilnya belajar beberapa minggu sebelum ujian agar kamu tidak kewalahan harus belajar terlalu banyak nantinya.

14. Buat panduan belajarmu sendiri

Gambar terkait

Terkadang para guru di sekolah menyarankan beberapa panduan kepada muridnya untuk belajar. Namun tentunya tidak semua murid merasa cocok dengan panduan yang diberikan. Kamu bisa membuat panduan belajar sendiri yang bisa membantumu untuk memahami materi-materi yang akan diujikan dengan lebih baik. Perhatikan untuk membuat panduan belajar ini jauh-jauh hari sebelum ujian, sehingga kamu bisa langsung memakainya untuk belajar nanti.

13. Prioritaskan waktu belajarmu

Gambar terkait

Kebanyakan orang jika sudah teralihkan perhatiannya oleh sesuatu akan sangat sulit untuk kembali fokus. Maka dari itu, singkirkan atau hindari semua hal yang sekiranya bisa mengganggu waktu belajarmu. Memang diperlukan kemauan yang kuat untuk dapat melakukan hal ini, tetapi kamu harus tegas kepada dirimu sendiri jika ingin mendapatkan nilai yang baik dalam ujian.

Pasti akan ada beberapa materi yang lebih sulit dibandingkan materi yang lain, juga ada beberapa materi yang lebih mudah untuk dipelajari. Pertimbangkan baik-baik untuk mempelajari yang mana. Tetapi ada baiknya jika kamu mempelajari materi yang sulit terlebih dahulu agar lebih efektif.

12. Tetap tenang

Gambar terkait

Pastikan kamu tetap fokus dan tidak kelelahan saat belajar. Kunci untuk melakukannya adalah kamu harus tenang. Jangan belajar secara terburu-buru karena tidak mempunyai waktu yang cukup. Jangan juga memaksakan diri untuk belajar dalam waktu yang sangat lama. Hal itu malah dapat membuatmu seperti dikejar-kejar dan kemudian sulit untuk berkonsentrasi.

 Buatlah dirimu setenang mungkin saat belajar. Mungkin sambil ditemani oleh alunan musik klasik atau secangkir minuman panas. Jangan lupa ambil sedikit waktu untuk beristirahat agar kamu tidak terlalu tegang.

11. Buat pertanyaan sendiri untuk menguji belajarmu

Hasil gambar untuk drinking tea while studying

Seringkali kita belajar hanya dengan metode hafalan atau membaca. Padahal metode tersebut sebenarnya kurang terjamin karena kita bisa saja lupa dengan apa yang sudah kita hafalkan dan baca. Untuk membuat proses belajarmu lebih matang, coba kamu membuat beberapa daftar pertanyaan sendiri dari materi yang kemungkinan besar akan keluar saat ujian nanti. Kemudian cobalah untuk menjawabnya dan mengingat-ingatnya. Dengan cara ini, kamu akan lebih akrab dengan beberapa jenis pertanyaan yang muncul nanti.


10. Atur catatanmu


Gambar terkait
Rapikanlah buku catatanmu agar lebih mudah untuk dibaca dan dipelajar. Jika kamu sering mencatat selama guru menjelaskan di depan kelas, usahakanlah menulis dengan tulisan yang jelas supaya saat belajar nanti kamu tidak mempersulit diri sendiri. Mungkin kelihatannya hal ini adalah suatu hal yang simpel, namun faktanya akan sangat membantu waktu belajarmu agar menjadi lebih efektif.


9. Belajarlah dalam kelompok

Gambar terkait

Kamu bisa mengatur jadwal kerja kelompok bersama beberapa orang teman selama masa ujian. Libatkan siapa saja yang bersedia, jangan menolak seseorang karena orang itu selalu mendapatkan nilai yang jelek. Justru dengan metode belajar kelompok kalian akan saling membantu dan mengingatkan.

Kalian juga bisa saling bertukar pendapat tentang materi yang harus dipelajari, atau mungkin saling memberi saran tentang bagaimana seharusnya memahami materi yang akan diujikan nanti dengan baik.

8. Ajarilah seseorang

Gambar terkait

Kamu bisa mencoba mengajari temanmu yang kurang dalam suatu mata pelajaran. Selain membantu seseorang, hal ini juga secara tidak langsung membuatmu belajar. Karena itu gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya. Jangan menjadi seseorang yang sombong dan egois hanya karena kamu lebih pintar dari teman-temanmu yang lain ya.

7. Berilah tanda di bukumu

Hasil gambar untuk highlight my book

Tandailah setiap materi yang dirasa penting di buku catatan atau buku pelajaranmu. Kamu bisa menandainya dengan stabilo warna-warni, menggaris bawahinya, atau menandai halaman materi dengan menempelkan stick note. Hal ini akan dapat membuat acara belajarmu tidak terasa monoton. Selain itu juga akan membantumu lebih fokus dan memprioritaskan belajar untuk materi-materi yang penting.


6. Buat jadwal belajar dan ikuti dengan konsisten

Gambar terkait

Buatlah jadwal belajarmu untuk di rumah. Usahakan jangan sampai bertabrakan dengan waktu belajar di sekolah. Tidak perlu membuat jadwal yang benar-benar padat dengan beberapa mata pelajaran sekaligus. Buatlah agar kamu senyaman mungkin dan pastikan kamu tetap dapat memiliki waktu istirahat yang cukup.

Namun hal yang terpenting adalah kamu harus mampu mengikuti jadwal belajar yang telah kamu buat sendiri itu dengan konsisten. Bila perlu, persiapkan hukuman untuk dirimu sendiri jika suatu saat kamu tidak mengikuti jadwal belajar sesuai yang semestinya.

5. Ajukan pertanyaan

Hasil gambar untuk raise hand

Jangan malu bertanya saat guru menawarkan para murid kesempatan untuk bertanya. Buang jauh-jauh rasa malu itu dan tidak perlu pedulikan perkataan orang lain yang menganggapmu bodoh karena selalu bertanya. Jika kita tidak mampu memahaminya seorang diri, tidak ada salahnya bertanya. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Para guru akan selalu siap menjawab pertanyaanmu atau bahkan membantumu dalam belajar.

4. Visualisasikan apa yang sudah kamu pelajari

Hasil gambar untuk draw mindmap

Kalau kamu adalah seseorang yang cepat belajar melalui visual, ada baiknya kamu mencoba belajar dengan membuat mind map atau peta konsep. Jangan lupa untuk mempelajari dan membaca materinya terlebih dahulu. Setelah yakin dan cukup paham, baru visualisasikan materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya itu ke dalam bentuk mind map atau peta konsep. Kamu juga bisa membuatnya dalam bentuk diagram atau grafik kemudian menghiasnya supaya kamu juga lebih tertarik untuk mempelajarinya.

3. Mulailah belajar di waktu yang lebih awal

Hasil gambar untuk people studying

Jangan pernah menunda-nunda waktu belajarmu dengan berbagai macam alasan. Bila kamu memiliki kebiasaan itu, sebaiknya segeralah hilangkan atau kamu yang akan menyesal sendiri di kemudian hari. Belajar seawal mungkin akan membuat kamu lebih tenang serta fokus.

Jika itu hari libur, ada baiknya kalau kamu mulai belajar di pagi hari sehingga siang harinya bisa kamu gunakan untuk bermain atau melakukan aktifitas lain. Jika itu hari kerja, mulailah belajar di sore hari. Jangan menggunakan sistem kebut semalam dan baru mulai belajar menjelang larut malam. Kamu akan kesulitan merasa fokus karena timbulnya rasa malas dan juga mengantuk.

2. Buat waktu belajarmu menjadi menyenangkan

Gambar terkait

Waktu belajar yang terus menerus dilakukan lama-lama akan berubah menjadi menjemukan. Kamu pasti bosan jika terus-terusan membaca buku dalam waktu yang lama. Karena itu, cobalah buat waktu belajarmu menjadi menyenangkan. Misalnya saja kamu bisa memberi penghargaan pada dirimu sendiri berupa sebungkus coklat atau makanan yang lezat jika kamu telah berhasil mempelajari semua materi yang kemungkinan besar akan muncul saat ujian nanti.

 Ingat bahwa menghargai diri itu sesuatu yang sangat penting. Bersikap tegas terhadap diri sendiri itu diperbolehkan, namun jangan terlalu keras. Kamu harus mencintai dirimu sendiri dengan tidak membuat dirimu terlalu memforsir tenaga saat belajar.

1. Istirahatlah yang cukup

Gambar terkait

Kamu tidak akan bisa menghafal atau memahami semua materi sekaligus dalam satu hari. Perhatikan keseimbangan antara belajar dan beristirahat. Jangan terlalu memaksa diri untuk belajar atau nantinya kamu akan menjadi kelelahan dan malah sakit.

Sebab bagaimanapun juga, istirahat adalah sesuatu yang benar-benar penting untuk dilakukan, terutama jika kamu ingin menghimpun tenaga. Dengan beristirahat, minimal kamu akan merasa lebih fokus serta bersemangat kembali untuk belajar.
Scroll To Top