Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Agar Kamu Bisa bekerja Dengan Produktif


Apakah kamu seseorang yang memiliki banyak pekerjaan namun seringkali keteteran atau tidak bisa menyelesaikannya tepat waktu? Hal itu merupakan sesuatu yang wajar dialami oleh banyak orang, dan faktor utama yang sering menjadi penghambat biasanya adalah kurang bisa mengatur waktu dengan baik. Padahal kalau kita tidak bisa mengatur waktu, pekerjaan kita malah terbengkalai dan kita akan sulit untuk bekerja secara produktif. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan menyajikan daftar 15 tips agar kamu bisa bekerja dengan produktif. Yuk langsung saja simak artikelnya!


15. Pasang kalender di ruang kerjamu

Gambar terkait

Memiliki kalender adalah langkah paling mendasar untuk mengelola aktivitas harianmu. Dengan adanya kalender, kita bisa mengecek berapa banyak lagi hari yang kita miliki sebelum waktunya mengumpulkan pekerjaan. Hal ini dapat memacumu untuk bekerja dengan lebih cepat serta efektif. Selain itu, kita juga bisa memberi tanda atau menulisi tanggal-tanggal yang ada pada kalender untuk memperjelasnya.

 Siapkanlah sebuah kalender khusus yang akan kamu gunakan untuk itu, jangan sampai tercampur dengan kalender yang biasanya terpasang di ruang keluarga rumahmu. Kamu juga bisa menginstall aplikasi kalender di ponsel pintar, agar kamu juga bisa selalu mengeceknya walaupun sedang bepergian keluar rumah.


14. Tempatkan jam di atas meja kerja

Hasil gambar untuk clock on desk

Jika sudah bekerja, kita bisanya tidak pernah sadar kalau waktu berjalan dengan sangat cepat. Terkadang kita menyela pekerjaan dengan bermain game atau streaming youtube, sehingga akhirnya pekerjaan akan terbengkalai lalu menumpuk. Kalau sudah seperti itu, kita hanya bisa menyesal dan marah-marah pada diri sendiri, atau sialnya dimarahi oleh bos kita karena tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Menempatkan jam di atas meja kerja membuat kita mampu melacak berapa lama waktu yang sudah kita gunakan. Kamu tidak akan sempat berleha-leha dan menjadi mampu bekerja dengan lebih efektif.


13. Beri batas waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan

Hasil gambar untuk work

Pekerjaan yang diberikan pada kita biasanya ada beragam, apalagi kalau banyak. Kalau kamu tidak yakin bisa memenuhi semua pekerjaan dengan tepat waktu, sebaiknya beri batas waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan. Misalnya, pada pukul 10 pagi kamu harus sudah selesai mengerjakan tugas X dan Y dalam durasi 3 jam. Kemudian pada pukul 1 siang nanti, tidak peduli bagaimana caranya kamu sudah harus mengumpulkan kedua pekerjaan itu kepada bos.

Desakan oleh waktu seperti ini terkadang dapat membuat manusia mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Tetapi kamu harus perhatikan kualitas pekerjaanmu juga ya. Jangan sampai kamu mengerjakannya dengan cepat namun hasil akhirnya malah asal-asalan.


12. Targetkan untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline

Hasil gambar untuk work

Kalau kamu menargetkan menyelesaikan sejumlah pekerjaan tepat pada saat deadline, mungkin kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga kalau kamu akan terlambat menyelesaikannya. Karena itu kamu harus berani untuk menargetkan sesuatu yang lebih besar seperti akan sudah menyelesaikan pekerjaanmu beberapa jam sebelum deadline.

Jika kamu sudah berkomitmen seperti ini pada dirimu sendiri, kamu akan berusaha bekerja lebih cepat dari yang kamu sadari. Dan pada akhirnya nanti, kamu akan berhasil untuk menyelesaikannya sebelum deadline.


11. Ingat deadlinemu

Gambar terkait

Kamu harus mengetahui dengan jelas kapan tenggat waktu pekerjaanmu harus selesai. Tandai tanggal tersebut pada kalender, tulis di buku agenda, atau bila perlu tulis pada stick note lalu tempelkan di layar komputermu. Dengan cara ini, kamu tidak akan berleha-leha lagi dan langsung gerak cepat untuk menuntaskan tugas-tugas yang kamu miliki.

 Jangan menakuti deadline, karena deadline bukanlah monster yang bisa membunuhmu. Meskipun nantinya kamu akan dimarahi oleh petinggi jika tidak bisa selesai sesuai deadline, itu adalah resiko yang harus kamu tanggung karena tidak bisa bekerja dengan efektif.

10. Lacak waktu bekerjamu dengan timer

Gambar terkait

Saat ini sudah ada sangat banyak aplikasi timer yang tersedia di internet. Kamu bisa mendownload salah satunya kemudian menyetelnya pada saat mulai bekerja. Pilihlah timer hitungan mundur agar kamu bisa memantau berapa banyak waktu yang sudah kamu gunakan untuk mengerjakan tugas. Tetapi jangan sampai timer ini membuatmu malah menjadi gelisah. Tak perlu memantau waktumu setiap saat, cek saja jika dirasa kamu sudah bekerja dalam waktu yang cukup lama.

9. Fokus

Hasil gambar untuk work

Fokus adalah salah satu kunci terpenting agar kamu bisa melakukan pekerjaan dengan produktif. Jangan paksa dirimu untuk melakukan multi tasking agar pekerjaan cepat selesai. Justru dengan cara itu kamu akan lebih mudah kehilangan fokus dan pada akhirnya memilih untuk berleha-leha.

Tutup semua aplikasi serta tab pada browser di komputer yang dapat mengalihkan perhatianmu. Jangan tergoda untuk berleha-leha. Ingatkan dirimu sendiri jika kamu sudah selesai bekerja nanti kamu akan bisa membuka semua aplikasi serta tab itu lagi saat sudah jam istirahat.

8. Jangan menjadi terlalu perfeksionis

Gambar terkait

Menjadi seseorang yang perfeksionis memanglah tidak salah, justru bagus karena kamu selalu memastikan kalau kamu tidak melakukan kesalahan. Tetapi menjadi seseorang yang terlalu perfeksionis akan menyusahkan diri sendiri serta orang lain. Kamu akan mengambil waktu lebih lama untuk bekerja jika menginginkan semuanya terselesaikan dengan sempurna.

Tidak perlu terlalu peduli pada detail-detail yang kurang penting. Sebab yang terpenting pada akhirnya adalah kamu mampu menyelesaikan pekerjaanmu dengan tepat waktu.

7. Beri sela istirahat

Gambar terkait

Bekerja terus menerus terkadang membuatmu kelelahan dan sulit fokus. Maka dari itu, penting bagimu untuk memberi jeda waktu istirahat setelah selesai mengerjakan beberapa tugas. Mungkin kamu bisa tidur siang selama 15 menit atau menyeduh kopi panas sambil makan sedikit camilan. Hal ini akan membantu mengembalikan fokus serta produktifitasmu sebelum kembali mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

6. Kelompokkan pekerjaan yang setipe

Hasil gambar untuk work

Terkadang kita mendapatkan sangat banyak pekerjaan dengan berbagai macam jenis. Mengelompokkan mereka ke dalam satu tipe dapat mempermudahmu menyelesaikannya dengan cepat. Misalnya saja, kelompokkan pekerjaan yang berkaitan dengan penelitian lalu langsung selesaikan sekali jalan. Dengan cara ini, kamu tidak akan kebingungan dan pekerjaanmu juga bisa tersusun menjadi lebih rapi.

5. Belajar berkata "Tidak"

Hasil gambar untuk people say no

Kamu adalah yang paling mengerti batas dirimu sendiri. Jadi jika kamu sudah mencapai suatu titik dimana kamu sangat sibuk, jangan berusaha kuat dan memaksakan diri untuk menerima pekerjaan tambahan. Beranilah untuk berkata tidak. Jangan takut mendapat penilaian buruk dari rekan kerjamu. Terkadang menjadi egois tidak ada salahnya, toh keegoisan itu dilakukan demi kebaikanmu sendiri.

Kalau kamu terlalu sibuk bekerja, kesehatanmu akan memburuk dan malah drop. Kamu menjadi berhalangan masuk kantor lalu semakin menumpuk banyak pekerjaan. Karena itu, lebih baik kamu tetap mengetahui sampai sejauh mana kamu mampu bekerja.


4. Prioritaskan pekerjaan yang sulit

Hasil gambar untuk work

Pekerjaan yang dilimpahkan kepada kita terkadang merupakan campuran antara pekerjaan yang sulit dan pekerjaan yang mudah. Bila kamu ingin bekerja dengan lebih cepat, sebaiknya kamu prioritaskan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih sulit terlebih dahulu. Tidak apa bekerja keras di awal, baru pada akhirnya kamu bisa bekerja dengan sedikit lebih santai. Seperti kata pepatah: bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.


3. Hentikan segala kegiatan yang membuang-buang waktu
Hasil gambar untuk watching youtube

Terkadang kita terlalu fokus kepada hal lain di tengah pekerjaan sehingga tanpa sadar kita telah membuang-buang banyak waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja. Pertama-tama kamu harus tahu dulu kegiatan apa yang membuatmu sering tidak fokus. Kalau kamu sering internetan di tengah-tengah sedang bekerja, tutup semua tab yang tidak kamu perlukan. Ganti bookmark browser yang ada di komputermu dengan situs-situs penting yang lebih berkaitan dengan pekerjaan.


2. Buat rencana harian

Hasil gambar untuk work
Rencana harian membuat kamu memiliki tujuan yang harus dipenuhi setiap harinya. Terkadang jika kita tidak memiliki target atau tujuan untuk dipenuhi, kita akan menjalani aktifitas dengan hampa atau bersantai-santai.

Karena itu untuk memacu semangat agar bisa bekerja dengan lebih produktif, ada baiknya kalau kamu merencanakan apa saja yang harus kamu penuhi selama seharian. Buatlah target yang berbeda setiap harinya agar kamu juga tidak bosan dan selalu memiliki tantangan yang baru.


1. Hindari semua hal yang memecah konsentrasimu

Hasil gambar untuk work

Apakah saat sedang bekerja kamu sering berbalas pesan dengan teman di whatsapp dan line? Atau mungkin kamu malah curi-curi main instagram kemudian membuat snapgram? Kalau sudah melakukan hal-hal ini, biasanya kamu akan menjadi sulit memusatkan diri pada pekerjaan. Solusinya hanyalah kamu harus mematikan ponsel pintarmu selama waktu bekerja agar kamu tidak tergoda untuk memakainya.

Mintalah anggota keluarga atau rekan kerja untuk menghubungi lewat telepon kantor selama jam bekerja agar mereka bisa tetap menghubungimu namun kamu juga tidak ter-distract oleh aplikasi-aplikasi lain di ponsel.
Scroll To Top