Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Ampuh Untuk Kamu Yang Ingin Travelling



Tidak ada yang tidak suka pergi berjalan-jalan, apalagi jika destinasinya adalah sebuah negara lain. Tetapi terkadang kita masih sering kesulitan dan tidak tahu bagaimana cara yang benar agar kegiatan travellingm berjalan dengan lancar. Karena itu untuk membantumu, pada artikel kali ini kami akan memberikan daftar 15 tips ampuh untuk kamu yang ingin travelling. Yuk langsung saja simak artikelnya!


15. Kemasi barang bawaan seringkas mungkin

Gambar terkait

Saat travelling, biasanya kita ingin mengunjungi banyak destinasi wisata sekaligus dalam satu hari. Kita ingin memaksimalkan waktu yang ada. Tetapi apakah itu akan mungkin dilakukan kalau kamu pergi kemana-mana sambil membawa koper? Tentu rasanya akan sangat merepotkan dan tidak nyaman. Maka kamu harus tahu bagaimana caranya menyeleksi barang-barang apa saja yang akan kamu bawa selama travelling nanti.

Jika ingin travelling yang praktis, gunakanlah tas carrier. Tas model ini mampu menampung cukup banyak barang bawaan dan juga cukup digendong untuk dibawa-bawa. Prioritaskan barang-barang yang penting saja. Jangan memaksakan diri untuk membawa barang-barang yang berisiko hilang atau membuat tasmu lebih berat seperti laptop atau banyak pakaian.

14. Tidak perlu terburu-buru

Hasil gambar untuk travelling

Kita pasti merasa sangat bersemangat ketika mendapatkan kesempatan untuk melakukan travelling, sehingga tanpa sadar kita menjadi rakus untuk mengunjungi banyak tempat. Tak perlu paksakan diri untuk pergi ke 6 negara selama 6 minggu perjalanan. Kalau kamu melakukan itu, bisa-bisa nanti malah drop selama perjalanan. Kamu malah akan merepotkan diri sendiri kalau saat itu sedang pergi travelling seorang diri.

Nikmatilah kesempatan yang kamu miliki saat itu dan biarkan semuanya berjalan secara natural. Toh suatu saat nanti kamu akan pergi travelling lagi dengan persiapan yang lebih matang dan waktu yang lebih lama.

13. Tersenyumlah dan sapa orang-orang

Gambar terkait

Apakah kamu kesulitan berinteraksi dengan penduduk setempat di negara yang sedang kamu kunjungi? Apakah orang-orang tampak tidak ramah? Mungkin itu bisa disebabkan oleh bahasa tubuhmu yang kurang tepat lho. Kalau kamu berencana ingin mencari teman baru di negara tersebut, cobalah membuat kontak mata dan tersenyum pada saat berjalan. Dan jika mereka tersenyum kembali, ucapkanlah sapaan dalam bahasa negara tersebut. Orang-orang pasti akan merasa nyaman dan mampu terbuka denganmu kalau kamu selalu bersikap ramah.

12. Miliki back up untuk semua dokumen yang penting

Gambar terkait

Meskipun kamu selalu mencoba bersikap waspada selama travelling, bukan tidak mungkin kalau kamu tetap bisa kecolongan. Simpanlah salinan digital dan fisik untuk dokumen-dokumen pekerjaan, paspor, visa, SIM, KTP, dan Akte kelahiran sehingga bisa langsung digunakan jika terjadi keadaan darurat. Cadangkan juga file-file penting serta foto di hard drive eksternal untuk berjaga-jaga kalau kamu memang berencana untuk membawa laptop selama travelling.

11. Sayangi tubuhmu

Hasil gambar untuk eat while walking

Perjalanan ke tempat yang jauh mampu membuat tubuhmu terasa kelelahan. Kenali batas kapan kamu harus beristirahat. Selalu tidur dengan cukup. Jangan sampai dehidrasi serta kelaparan selama travelling. Paling tidak kamu selalu membawa botol minum atau makanan yang siap untuk disantap selama perjalanan. Kamu juga bisa mengoleskan tabir surya atau memakai kacamata hitam jika dirasa negara yang sedang kamu kunjungi itu cuacanya cukup panas.

10. Jangan Takut

Hasil gambar untuk greet people

Dunia luar tidak seberbahaya yang kamu pikirkan kalau kamu selalu waspada dan mampu menjaga diri. Jangan terlalu takut atau paranoid ketika harus bepergian sendiri atau ada orang asing yang mengajak berkenalan. Gunakanlah kesempatan itu untuk menyapa dan berteman. Namun kamu juga harus perhatikan apakah orang tersebut bukanlah orang yang berbahaya. Jika kamu mengenali tanda-tanda yang mencurigakan, lebih baik kamu mundur secara perlahan.

9. Tidak perlu merencanakan terlalu banyak

Gambar terkait

Perencanaan adalah suatu tahap yang sangat penting jika kita ingin semuanya berjalan dengan baik. Namun rencana tidak selalu dapat berjalan dengan lancar. Kamu tidak perlu membuat dirimu pusing atau kebingungan karena terlalu banyak merencanakan hal-hal yang tidak penting selama travelling nanti. Cukup rencanakan garis besarnya saja, kemudian nikmati waktumu disana sambil lalu.

8. Tetap berhubungan dengan orang-orang terdekat

Hasil gambar untuk people play instagram

Pastikan kalau kamu memberi kabar secara teratur pada keluarga atau teman selama melakukan travelling. Apalagi jika kamu pergi travelling sendirian. Agar orang-orang terdekatmu tidak cemas, selalulah update kabar. Kamu tidak perlu melakukannya dengan mengirim pesan atau menelepon mereka selama beberapa jam sekali. Hal itu malah akan menyusahkan dirimu sendiri.

Memberi kabar juga bisa melalui sosial media lain. Kamu bisa mengupload foto-foto kegiatanmu selama travelling di instagram atau facebook agar keluarga dan teman-temanmu bisa memastikan kamu baik-baik saja.

7. Sabar

Hasil gambar untuk people close eyes

Kesabaran adalah salah satu kunci yang terpenting dalam menjalani hidup. Jangan khawatirkan hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan karena hidup itu terlalu singkat untuk merasa marah dan kesal sepanjang waktu. Hal-hal yang tidak kita inginkan selalu dapat terjadi dalam hidup ini. Kamu ketinggalan bus? Jangan khawatir, kamu masih bisa menggunakan transportasi lain. Atau destinasi wisata yang sudah kamu rencanakan sejak awal ternyata tutup? Susun rencana dari awal lagi.

Tarik nafas dalam-dalam dan ingatkan diri sendiri untuk merasa tenang. Justru kamu bisa jadikan pengalaman-pengalaman yang kurang mengenakkan itu sebagai pembelajaran untuk perjalanan travelling selanjutnya.

6. Jangan simpan uang tunai dalam satu tempat

Hasil gambar untuk travelling

Tidak semua toko bisa menerima pembayaran menggunakan kartu kredit, oleh karena itu sangatlah penting untuk mempersiapkan sejumlah uang tunai untuk digunakan. Biasakan tidak menyimpan seluruh uang tunai dalam satu tempat saja. Kalau kamu hanya menyimpannya di dompet dan dompetmu kecurian, tidak ada yang bisa kamu lakukan selain menangis nantinya.

Masukkan sebagian uang di dalam dompet, lalu sebagian sisanya di tempat-tempat yang tidak terjangkau seperti kaus kaki, sepatu, atau tas punggung.

4. Keluarlah dari zona nyaman

Hasil gambar untuk eat scorpion

Bagi segelintir orang, waktu travelling bukanlah sesuatu yang bisa dengan sering dilakukan. Oleh karena itu mumpung kamu memiliki kesempatan, tantang dirimu sendiri untuk mencoba hal-hal yang kamu takuti. Siapa tahu semakin sering kamu melakukannya nanti kamu akan menjadi terbiasa.

Kalau kamu seseorang yang sulit bicara dengan orang asing, cobalah menyapa orang-orang secara acak dan ajak berkenalan. Kalau kamu takut makanan aneh, makanlah makanan paling aneh yang bisa kamu temukan di negara tersebut. Jangan batasi dirimu sendiri untuk mencoba berbagai macam hal.

3. Berbicaralah dengan penduduk setempat

Hasil gambar untuk greet tourist in thailand

Mencari pengalaman selama travelling tidak melulu harus berjalan-jalan ke objek wisatanya saja. Kamu bisa mencoba berbicara dengan penduduk setempat negara yang sedang kamu kunjungi. Kalau negara yang menjadi tempat travellingmu mayoritasnya menggunakan bahasa Inggris, kamu tidak perlu khawatir. Bahasa Inggris adalah bahasa universal, jadi semua orang paling tidak mengetahui dasar-dasarnya. Kamu bisa bertukar cerita dengan orang-orang tersebut atau bahkan menjadi teman yang dekat nantinya.

2. Ambillah banyak foto

Gambar terkait

Ketika travelling, kita pasti akan mengunjungi banyak tempat yang memiliki pemandangan atau objek yang bagus. Berfotolah sebanyak mungkin untuk mengabadikan perjalananmu yang walaupun singkat namun pastinya meninggalkan kesan.

 Kamu nggak perlu pusing bagaimana akan melakukannya kalau travelling bersama teman. Kalian bisa saling bergantian memotret. Tapi kalau kamu travelling seorang diri, siap-siap saja untuk membawa selfie stick agar kamu tidak kewalahan karena harus memegang ponsel tinggi-tinggi.


1. Bangunlah sepagi mungkin

Hasil gambar untuk wakeup

Selama kamu travelling, usahankanlah untuk selalu bangun pagi. Jangan menyia-nyiakan setiap waktu yang kamu miliki untuk tidur. Semakin banyak kamu memiliki waktu, semakin banyak pula tempat-tempat yang bisa kamu jelajahi. Beberapa objek wisata bahkan ada yang sudah terbuka untuk umum di pagi hari, dan biasanya masih sangat sepi. Kamu bisa mengunjungi objek wisata tersebut dengan nyaman tanpa takut terseret oleh kerumunan banyak orang.

Scroll To Top