Temukan semua tentang gaya hidup di sini!

15 Tips Untuk Cepat Berhenti Merokok


Merokok sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Namun diantaranya, tetap ada seseorang yang ingin berhenti merokok karena beberapa faktor. Berhubungan dengan hal tersebut, pada artikel kali ini kami akan menyajikan daftar 15 tips untuk cepat berhenti merokok. Yuk langsung saja simak artikelnya!


15. Minum secangkir teh herbal

Hasil gambar untuk greentea

Terkadang salah satu hal yang membuat orang-orang sulit berhenti merokok adalah karena terbiasa merasakan rokok di mulut mereka. Jadi ketika mereka tidak merokok, mulut akan merasa pahit dan tidak enak. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mencoba untuk minum secangkir teh herbal. Teh herbal ada berbagai macam jenis, namun untuk yang kali ini kamu bisa menggunakan teh hijau yang tidak terlalu pahit.

Setiap kali merasa ingin merokok, minumlah teh hijau. Kandungan L-theanine yang terdapat dalam teh hijau memiliki efek untuk memberi ketenangan. Bila kamu tenang, pastinya kamu akan bisa menahan diri untuk tidak merokok.

14. Berhenti membeli rokok

Hasil gambar untuk stop smoking

Hal ini tentu saja sudah pasti kamu harus kamu lakukan. Sebab ada orang yang masih saja tetap membeli rokok walaupun berniat ingin berhenti merokok. Kemudian nanti mereka akan tergoda dan malah merokok lagi. Hentikan pemikiran 'satu batang saja'. Menghisap satu batang rokok bisa menjurus menjadi berbatang-batang rokok jika kamu tidak memiliki niat yang kuat untuk benar-benar berhenti.


13. Baca cerita orang lain untuk mendapatkan inspirasi

Gambar terkait

Kita bisa meminta seseorang yang kita kenal dekat untuk menceritakan perjuangan mereka berhenti merokok. Namun saat ini jaman sudah sangat maju, apa-apa bisa temukan di internet. Cobalah cari di internet tentang kisah seseorang yang berusaha berhenti merokok.

Dengan membaca kisah yang seperti itu, kamu akan mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk berhenti merokok. Kamu juga bisa mengikuti saran-saran yang diberikan oleh seseorang tersebut dan menerapkannya untuk dirimu sendiri.

12. Hindari Alkohol

Hasil gambar untuk no alcohol

Alkohol adalah salah satu hal yang dapat menjadi pemicu untuk ingin merokok, karena beberapa orang yang sering merokok biasaanya juga adalah seorang peminum. Hal itu menjadi kebiasaan, dan jika hanya melakukan salah satu pasti terasa ada yang kurang. Karena itu, selama kamu ingin berhenti merokok cobalah untuk menghindari alkohol sebisa mungkin.

11. Beli hal selain rokok

Hasil gambar untuk drink soda

Keluarkanlah uang yang biasanya kamu sediakan untuk membeli rokok, lalu pakailah untuk berbelanja sesuatu yang lebih berguna. Kamu bisa menggunakan uang itu untuk membeli makanan ringan atau minuman bersoda. Apa pun, yang jauh dari rokok serta dapat membahayakan kesehatan tubuhmu sendiri.


10. Buang semua hal yang mengingatkanmu tentang rokok

Hasil gambar untuk stop smoking

Kamu akan menjadi lebih mudah berhenti merokok jika melakukan ini. Jika pemantik api mengingatkanmu akan sensasi merokok, jangan bawa-bawa pemantik api itu. Simpan di tempat yang aman, atau bila perlu buang saja. Jangan juga menyimpan kotak-kotak rokok yang sudah kosong. Bersihkan asbak yang penuh puntung rokok, dan kalau kamu terbiasa merokok di dalam kamar, ganti semua seprai serta selimutmu agar tidak ada bau rokok yang tertinggal lagi.

9. Ganti rokok dengan coklat atau permen

Hasil gambar untuk candy in mouth

Kalau kamu merasa kesulitan berhenti merokok karena mulutmu terasa pahit, selalu siap sedia cokelat batangan atau permen lolipop di dalam saku celana. Setiap kali kamu merasa ingin merokok, langsung ambil coklat dan permen itu kemudian makan. Perhatianmu akan teralihkan dan rasa getir pada mulutmu akan langsung tergantikan oleh manisnya coklat serta permen.

8. Temukan teman

Gambar terkait

Temukan teman yang juga memiliki niat untuk berhenti merokok. Dengan memiliki teman, kamu tidak akan merasa sendirian. Kalian juga bisa saling memberi saran dan saling mengingatkan jika salah satu di antara kalian ada yang mulai tergoda untuk merokok lagi. Bila perlu, temukanlah seseorang yang sudah berhasil berhenti merokok. Kamu bisa meminta saran serta petunjuk untuk bagaimana berhenti merokok.


7. Bersepeda

Hasil gambar untuk cycling

Bersepeda adalah sesuatu yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Oksigen akan masuk dengan lancar ke dalam paru-parumu yang mungkin selama ini penuh dengan asap rokok. Ajaklah beberapa teman untuk bersepeda ke suatu tempat. Lebih bagus lagi jika kamu memiliki rencana untuk bersepeda di alam yang penuh hijau-hijau serta udara yang sangat segar.


6. Ingatkan dirimu tentang manfaat berhenti merokok

Gambar terkait

Sebelum berhenti merokok kamu pasti sudah mempertimbangkan hal-hal yang negatif tentang merokok dan manfaat positif yang akan kamu dapatkan setelah berhasil berhenti merokok. Jadikan itu sebagai motivasimu. Mungkin setelah merokok kamu akan memiliki energi yang lebih banyak karena paru-parumu tidak lagi sering diisi oleh asap. Atau mungkin setelah berhenti kamu pengeluaranmu akan menjadi lebih sedikit karena tidak harus lagi membeli rokok.

5. Bermain game

Hasil gambar untuk play game

Semua orang sangat suka bermain game, dan game biasanya menuntut kita untuk berkonsentrasi. Kalau kita bermain game, otomatis keinginan kita untuk merokok akan teralihkan. Sibukkanlah diri dengan bermain game kapanpun pertahananmu untuk berhenti merokok mulai terasa goyah. Ada berbagai macam game yang bisa dimainkan. Kamu bisa bermain game di ponsel dan komputer, atau bahkan bermain monopoli dan ular tangga ramai-ramai bersama teman-teman terdekat.

4. Minum air putih

Gambar terkait

Pasokan air putih yang masuk ke dalam tubuh kita akan mengganti racun-racun nikotin yang tertinggal dalam tubuh. Sering-seringlah minum air putih kalau kamu tiba-tiba ingin merokok. Minum air putih dapat membuat tubuhmu menjadi segar. Jangan sampai kamu dehidrasi dan malah sakit di tengah melakukan usaha ingin berhenti merokok.

3. Kalau kamu kambuh, jangan takut untuk memulai dari awal

Hasil gambar untuk stop smoking

Terkadang yang namanya godaan itu memang sangat sulit untuk ditolak. Kita sudah berusaha semampu kita dan semaksimal kita untuk menahan diri. Tetapi usaha itu telah mencapai batasnya sehingga pertahanan kita mulai goyah. Kamu kembali mengambil rokok dan menghisapnya. Kemudian kamu kesal lalu hanya bisa menyesal. Jangan menyerah begitu saja. Selama kamu memiliki kemauan yang kuat untuk berhenti, jangan takut untuk memulainya lagi dari awal.

2. Makan lebih banyak buah

Hasil gambar untuk eat fruit

Buah dapat menutrisi sekaligus dapat membuat tubuh kita terasa segar. Serat dan kandungan vitamin yang terdapat dalam buah sangat membantu kita mengurangi ketergantungan pada nikotin. Sebuah studi di University of Buffalo telah membuktikan hal ini. Mereka meneliti 1000 orang dan menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak buah serta sayuran bisa menghindari merokok dengan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.

1. Hadiahi dirimu sendiri

Gambar terkait

Setelah beberapa hari berusaha menahan diri, keinginan untuk merokok pasti akan menjadi lebih mudah untuk dikendalikan. Jangan lupa untuk memuji dan memberi penghargaan kepada dirimu sendiri karena telah berhasil melewati hari-hari yang berat. Tapi jangan beri dirimu penghargaan berupa boleh merokok satu batang ya, hal itu akan membuat usahamu sia-sia. Hadiahilah dirimu dengan memesan makanan yang enak atau membeli pakaian yang sudah lama kamu incar.

Scroll To Top